10 Januari 2011

Anda Ingin Sukses Ujian Nasional 2011? Baca Artikel ini!



Pemerintah telah menentukan Model Ujian Nasional Baru untuk Tahun 2011 ini. Kebijakan baru pemerintah itu adalah sebagai implementasi dari sikap kooperatif pemerintah di dalam menyerap semua aspirasi masyarakat yang selama ini mengkritisi kelemahan pelaksanaan Ujian Nasional di tahun-tahun sebelumnya, baik dari kelompok yang Pro-Ujian Nasional maupun yang kontra Ujian Nasional. Oleh karena itu kebijakan pemerintah ini harus kita sambut dengan sikap positif, walaupun saya yakin belum dapat mewadahi semua aspirasi masyarakat. Paling tidak hal ini menunjukkan ada dinamika di dunia pendidikan Indonesia yang faktanya bahwa dunia pendidikan bukanlah dunia yang statis dan monoton saja.




Sikap terbaik yang harus segera dilakukan oleh semua pihak yang terkait dengan Ujian Nasional 2011 adalah segera mempelajari kebijakan baru itu dan segera melakukan tindakan-tindakan aktif untuk menyesuaikan diri dengan Sistem Ujian Nasional 2011. Ketidaktahuan terhadap sisten Ujian Nasional baru ini hanya akan menimbulkan kebingungan, yang memicu timbulnya perasaan ketidakmampuan, terus perasaan depresi yang berpuncak dengan timbulnya sikap penolakan terhadap pelaksanaan Ujian Nasional.





Hal-hal pokok yang harus segera Anda pahami agar sukses di dalam menyelenggarakan dan sukses di dalam mengikuti Ujian Nasional 2011 adalah sebagai berikut:


1. Model Baru Ujian Nasional 2011, yang bisa di download dari link ini:

http://dikmenkuningan.web.id/files/UN20011_Model_Baru.pdf


2. Permendiknas RI No. 45 Tahun 2010, yang bisa di download dari link ini:

http://dikmenkuningan.web.id/files/UN2011_Permen45.pdf


3. Permendiknas RI No. 46 Tahun Tahun 2010, yang bisa di download dari link ini:

http://dikmenkuningan.web.id/files/UN2010_Permen46.pdf


4. Lampiran Permendiknas RI No. 46 Tahun 2010, yang bisa didownload pada link ini:

http://dikmenkuningan.web.id/files/UN2011_Lampiran_Permen46.pdf

Penyelenggara Ujian Nasional 2011 di tingkat Rayon, Sub Rayon, Sekolah Penyelenggara dan Sekolah yang menggabung, wajib membaca butir 1, 2, 3 dan 4. Sedangkan untuk guru dan calon peserta Ujian Nasional 2011 wajib membaca butir ke 4, yaitu Lampiran Permendiknas RI No. 46, karena berisi kisi-kisi dari soal yang akan keluar pada Ujian Nasional 2011. Paling tidak dengan mempelajari kisi-kisi soalnya para guru dan siswa lebih fokus di dalam kegiatan Belajar dan Mengajar dalam mempersiapkan diri agar lebih sukses di dalam mengikuti Ujaian Nasional 2011.

Semoga Anda Sukses Ujian Nasional 2011: Sukses Penyelenggaraan dan Sukses Hasil Penyelenggaraannya.

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum sahabat Blogger lumajang.... kali ini BLOOM ingin memberikan kesempatan blog anda untuk menjadi members sementara di BLOOM(Blognya Orang-Orang Lumajang),BLOOM merupakan wadah berkembangnya BLOG orang Lumajang.Apa Keuntungan dan bagaimana caranya menjadi member tetap BLOOM temukan DI SINI

    BalasHapus
  2. mantaBB pak...
    terima kasih....

    Syamsi (SMATA)

    BalasHapus