16 Januari 2011

Cara mengirim Excutable Files ( File-file berekstensi 'exe' ) via Gmail.




Setelah berkali-kali gagal mengirimkan File Program ke beberapa orang teman via Gmail, akhirnya saya temukan cara yang sederhana tetapi efektif!

GMAIL rupanya tidak memberikan kompromi sedikitpun dalam memberikan perlindungan terhadap para penggunanya dari potensi gangguan virus dan sejenisnya. GMail tidak mengijinkan pengguna untuk mengirimkan file berbentuk executable files (file dengan extensi ".exe", ".dll, "ocx" atau ".bat") apalagi menerimanya.Sebagai perlindungan terhadap file yang mempunyai potensi sebagai virus, Bila anda mencoba untuk mengirimkan file dengan extensi tersebut, Gmail akan memberi anda pesan seperti ini :"This is an executable file. For security reasons, Gmail does not allow you to send this type of file.” . Tapi, anda bukanlah orang yang gampang menyerah, mungkin anda akan mencoba untuk menconvert atau mennge-pack file tersebut menjadi bentuk yang tak asing lagi yakni “.zip”, “.tar”, “.tgz”, “.taz”, “.z” or “.gz”. Namun, pasti Gmail anda akan mengirimkan pesan yang sama kepada anda.

Mungkin anda bertanya, kenapa kita membahas Gmail ? Karena Gmail menurut saya dan yang saya rasakan adalah provider email gratisan yang paling cepat.

Lalu, bagaimanakah cara mengirimkan file executable melalui Gmail.

Ya memang, menurutku yang paling mudah untuk mengirimkan file program (executable) adalah dengan menggunakan jasa provider email gratisan sejenis seperti halnya Yahoo. Tapi karena alasan kecepatan tadi, dan mungkin anda memang tak mau berpindah dari Gmail. Nah, kita kembali lagi, Bagaimana Cara Mengirim File Program atau File Executable melalui Jasa Email Gratisan Gmail ini ?Berikut beberapa cara yang bisa anda coba gunakan:-

1. Rename file executable anda tadi dari yang asalnya berextensi "exe" menjadi format seperti “doc”, “jpeg”, dan atau file extensi khusus dokumen lainnya. Misalnya anda mempunyai file program dengan nama dan extensi ProgramPenghasilUang.exe , nah anda hanya perlu merubahnya menjadi ProgramPenghasilUang.doc dan mengirimkannya ke calon penerima (orang yang anda tuju). setelah sampai ditempat tujuan dan sukses diterima, si penerima harus merubah kembali file ProgramPenghasilUang.doc tadi menjadi ProgramPenghasilUang.exe . Untuk cara ini, sebaiknya calon penerima file yang anda kirimkan, mengerti akan langkah yang harus dilakukan bila menerima file program dari anda tadi sebelumnya.

2. Nah, jalan kedua adalah jalan termudah yakni dengan mengupload file anda tersebut ke file shared seperti Rapidshare, Hotfile, atau Box.Com. Dan setelah itu hanya mengirimkan link dari file yang telah anda upload tersebut kepada si calon penerima.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar