19 Mei 2012

Trik Reset Manual Pada Canon MX366


Semua produsen printer sangat menginginkan semua pengguna produknya selalu menggunakan tinta/cartridge asli.  Untuk menunjang keinginan ini,di dalam semua produk printer, terutama yang generasi baru, ditanamkan semacam "chips/memori", yang berisi kode-kode perintah yang berkaitan dengan fungsi-fungsi tombol dan segala hal yang berkaitan dengan fungsi printer itu. Dan salah satu fungsi yang berkaitan dengan topik kita adalah: "Fungsi sensor keaslian tinta".

Inilah penyebab mengapa pada printer yang baru dimodifikasi, setelah dipakai beberapa lama, (umumnya 1 sd 2 minggu, bergantung seringnya pemakaian), tiba-tiba alarm ngeblink, muncul pesan-pesan error dan printer macet. Parahnya lagi semua fungsi pada printer tersebut seperti copy, fax, dll, macet semua.

Setelah diresset manual atau memakai software biasanya dapat dipakai lagi, tetapi indikator tinta tetap "Low Ink"!!! dan lampu alarm akan menyala terus. Kondisi ini akan berlangsung terus, sampai Anda mengganti cartridge lama dengan cartridge baru yang berisi tinta orisinil. Sayangnya cartridge orisinil harganya mahal!!!!!, sehingga tidak semua pengguna printer tertarik untuk menggunakan cartridge/tinta asli.

Uraian di atas berlaku juga untuk Printer Canon, termasuk di antaranya Canon MX366.
Cara resset manualnya mudah. Dan sebenarnya pesan resset ini pasti muncul pada saat printer macet karena penyebab di atas. Cuma karena pesan tersebut dalam bahasa Inggris, atau karena pengguna tidak konsentrasi karena keburu panik dan mangkel, pesan tersebut luput dari perhatian, atau memang karena pesan tersebut tidak muncul.

Caranya sebagai berikut:
1. Tekan tombol STOP / RESET ( tombol hitam paling kanan ), kurang lebih 4-5 detik atau lebih sampai lampu kuning mati dan roll printer berjalan. Dan biasanya printer langsung berfungsi kembali. 

2. Tekan tombol back dan ok pada bawah layar + tombol reset selama 5 detik.

24 komentar:

  1. indikator power kedap kedip aja pa....

    BalasHapus
  2. assalamualaikum. pak gimana kalo printer sy gak bisa melakuka deep cleaning. bawaannya selalu error 5200? trus sy juga coba print head alignment tapi gak bisa di scan. makasih mohon jawabannya.

    febrianty (frisan.frisan@gmail.com)

    BalasHapus
  3. pak, saya sudah coba tekan tombol stop, lampu indikator mati tapi di LCD masih ada keterangan "black inj volume unknown". itu gmana ya pak? mohon bantuannya pak, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca link di bawah ini, sepertinya kasusnya sejenis: Printer tidak mengenali cartridge tinta yang terpasang!

      Hapus
    2. http://wastuwaluyanto.blogspot.com/2012/06/solusi-untuk-error-check-ink.html#links

      Hapus
  4. thanks untuk infonya pak..saya sering mengalami problem seperti itu dan memang solusinya seperti apa yang bapak sampaikan..

    BalasHapus
  5. Saya mengalamu masalah pd printer MX 366. Lampu indikator Fax Memory selalu menyala. saya sudah hapus semua dokumen yang ada tetap nyala terus.
    Awal munculnya karena saya tekan stop ketika mengirim Fax tapi karena nomornya salah saya tekan stop. saya reset printer seting masih sama juga. bagaimana ya solusinya? mohon pencerahan....

    BalasHapus
  6. Tekan tombol STOP / RESET ( tombol hitam paling kanan ), kurang lebih 4-5 detik atau lebih sampai lampu kuning mati dan roll printer berjalan. Dan biasanya printer langsung berfungsi kembali. cara ke-2 tekan tombol back dan ok pada bawah layar + tombol reset selama 5 detik

    BalasHapus
  7. fuadfahmi1980@yahoo.com26 Juli, 2012 19:01

    trimakasih mas brow..salam persahabatan

    BalasHapus
  8. fuadfahmi1980@yahoo.com26 Juli, 2012 19:02

    trimakasih mas bro..salam persahabatan

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum wr, wb.
    printer saya kalo baru di hidupin dilayar muncul tulisan contact service center. sebetulnya setelah tekan tombol OK langsung hilang dan ga masalah untuk ngeprint dan potocopy. tapi kurang nyaman aja karena sebelumnya ga ada pesan seperti itu. mohon pencerahannya pak !
    Wassalamu'alaikum Wr,Wb.

    BalasHapus
  10. Reset catridge sama reset absorber beda loh, beda pula cara mengatasinya.

    BalasHapus
  11. pak saya mau tanya,,,setelah tintanya saya refil...trus printer ga bisa terima fax..saya coba tekan cara no.2 diatas..trus yang muncul malah error 6000,,saya coba cabut tintanya tp tintanya ga mau jalan...tintanya tidak bergeraksama sekali...mohon bantuannya.

    andri (andrie.herman@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  12. kl error 5b00 gmn pada printer mx366

    BalasHapus
  13. manjur pak....terimakasih

    BalasHapus
  14. manjur giginah yeh wong punyaq error ini smua trik palsu ini iya klo dtg ndri k service centre nya baru bisa aq di lalula......
    sampurasul

    BalasHapus
  15. printer saya kalau dihidupkan muncul 5B00 setelah itu semua tombol jadi tidak berfungsi, gimana solusinya pak...trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu di reset...masuk ke service mode dolo
      1.tekan tombol power
      2.tekan stop an reset 5x (jgn lepas tombol power)
      3.setelah 5x lepas lepas semua tombol tunggu printer loading setelah layar jadi hitam..gunakan software reset canon

      Hapus
  16. printer saya mx366 tiap abis isi ulang pasti tintanya tidak keluar. di layar printer muncul "black ink volume unknown". sudah coba cara di atas tp tetap tidak berhasil.mohon pencerahannya.trmksh

    BalasHapus
  17. its work!!!! makasihhhh makasihhhh ^_^

    BalasHapus
  18. Pak Saya Minto Solusinya Doong Canon mx366 Saya Kalo Awal Dinyalakan Slalu Eror dgn Menampilkan"Contacct Service Center" Dan Harus Tekan OK baru Bisa Oprasi Kembali Itu Selalu Berulang setiap Dinyalakan

    BalasHapus
  19. makasih bos infonya, sangat membantu, sukses slalu

    BalasHapus
  20. Ni mau tanya kalau printer MX366 error "check ink" U140 Col
    Gimana cara mengatasinya please.. Info nya

    BalasHapus